📡 Room: Parenting~Ibu Tangguh
Narasumber: Ustadzah Yanti Tanjung
Tema: Basis Aqidah Dalam Kurikulum Anak Usia Dini
22 Februari 2016
======================
📮 PROLOG:
Kerr, J.F (1968) Kurikulum adalah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun berkelompok, baik disekolah maupun diluar sekolah.
Menurut UU No. 20 Tahun 2003, pengertian kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
🌺 Jadi terkait dengan kurikulum Anak Usia Dini berarti seperangkat rencana yang menuntun orang tua dan anak tentang tujuan, isi dan bahan pelajaran serta metode pembelajaran berikut sarana dan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan bagi Anak usia Dini.
🌺 Ini artinya setiap kurikulum harus memiliki basis tergantung tujuan pendidikan yang akan diraih. Bila tujuan pendidikan Islam adalah membentuk kepribadian islam anak maka kurikulum wajib berbasiskan aqidah, sehingga semua konten, metode dan strategi dan sarana pembelajaran dihimpun dalam rangka mewujudkan kepribadian islam tersebut.
📚 Kurikulum secara umum terkait empat hal (merujuk konsep kurikulum islam buku Manhaj)
1. Kurikulum Dasar
2. Kurikulum Inti
3. Kurikulum Penunjang
4. Ekskul/kemahiran
📈 Kurikulum Dasar akan mencapai Kompetensi Dasar, terdiri dari kalimah thoyyibah/tahfidz, tahsin dan bahasa (Arab dan Indonesia). Kalimah Thoyyibah dan Tahfidz dimasukkan dalam kompetensi dasar karena akan menstimulus fungsi dengar, mengoptimalkan pendengaran anak agar peka terhadap suara khususnya suara adzan, panggilan orang tua dan kebaikan-kebaikan lainnya.
📈 Kurikulum Inti akan mewujudkan kompetensi inti berupa tsaqofah dasar (aqidah, Al-Quran, Hadist, Fiqh, Adab, Siroh Nabi SAW, dan Tarikh. Ini bekal bagi anak untuk taat syariah dan untuk menyebarkannya.
📈 Kurikulum penunjang hanya sebagai penunjang dua kompetensi di atas, terdiri dari Sains (alam, manusia dan kehidupan), Math, geografi dan teknologi.
📈 Kemahiran untuk mengembangkan motorik kasar dan halus, seperti riyadhoh berenang, berkuda, memanah, komputer dan seni seperti kaligrafi dan hasta karya.
🔐 Semua kurikulum terintegral dengan aqidah islam. Jadi aqidah Islam ada di semua bidang studi, dalam point tertentu diberikan materi khusus. Wallahu a'lam bishshowab
EmoticonEmoticon