Clothespin counting (juz 30)

9:49 PM


Memperkenalkan matematika bukan hanya tentang mengerjakan lembaran soal-soal. Namun lebih luas dari itu yang banyak dalam keseharian kita.

Ketika membuat kue kita memperkirakan tepung,gula,air dll. Allah menciptakan anggota tubuh dengan jumlahnya masing-masing. Ketika akan tidur dan bangun kita melihat jam dan sebagainya.

Bagi anak usia dini bisa dilakukan melalui aktivitas menghitung benda-benda sekitar yang bisa dipegang dan dilihat. Melalui benda-benda nyata, mengingat pola pikir anak usia dini yang belum bisa bersifat abstrak.

Salah satu yang kami lakukan adalah menghitung jumlah ayat dalam surat juz 30.

Alat dan bahan

- Penjepit kayu
- kertas karton
- spidol
- lem
- stik es krim

Cara bermain

1. Ajak anak untuk mengumpulkan alat dan bahan
2. Meminta anak untuk aktivitas menempel kertas yang sudah digambar mobil sebagai petunjuk surat
3. Tulislah jumlah ayat setiap surat pada stik es krim
4. Ajak anak untuk menjepit stik es krim dengan penjepit sesuai jumlah ayat

Sambil bermain dan mengobrol saya menyebutkan nama-nama surat pendek. Alfatihah ada 7 ayat, annas ada 6 ayat, al falaq ada 5 ayat, al ikhlas ada 4 ayat, al kafirun ada 6 ayat, al kausar ada 3 ayat, al asr ada 3 ayat.

Yaqdzan memasang penjepit kayu sesuai jumlah ayat. Gerakan motorik yang melibatkan otot-otot kecil, menggunakan jari jemari tangan.

Ada yang tampak serius dan menikmati pasang lepas penjepit bambu 😁
Sesekali yaqdzan bilang "ini ga bisa, ganti"
Penjepit bambu memang lebih sulit dibanding yang berbahan plastik tapi ada yang sudah bisa menseleksi sendiri 👏👏

Ingat beberapa bulan lalu aktivitas dengan penjepit bambu ini masih sulit sekali bagi yaqdzan. Alhamdulillah hari ini mau mencoba lagi 💙

Oh iya, perkembangan motorik halus yang membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan bermanfaat bagi kemandirian anak dalam practical life skillnya. Seperti memakai sepatu sendiri, menyisir, menyikat gigi, menutup atau mengancing pakaian sendiri, dan makan sendiri. 

Selamat bermain! 😊

Artikel Terkait

Previous
Next Post »